Umiyanti28’s Blog

Pancasila

Posted on: Desember 8, 2008

BAB I

PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia ditetapkan pada tanggal 18 agustus 1945. pancasila sebagai dasar Negara, maka nilai-nilai kehidupan bernegara dan berpemerintah sejak saat itu haruslah berdasarkan pada pancasila. Berdasarkan kenyataan, nilai-nilai yang ada pada pancasila tersebut telah dipraktekan oleh nenek moyang bangsa Indonesia, dan kita harus mempraktekan juga dalam kehidupan.

Pancasila disebut juga sebagai pandangan hidup bangsa. Pandangan berarti petunjuk atau pedoman. Pandangan hidup inilah sebagai arah yang akan dituju manusia dalam kehidupan untuk mencapai masa depan. Pandangan disini diartikan sebagai landasan berpijak seseorang untuk menempuh kehidupan.

I.2 Identifikasi Masalah

Pancasila merupakan ideologi nasional bangsa Indonesia. Pancasila dibentuk dengan tujuan mengatur masyarakat Indonesia. Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia.

Dari uraian diatas, maka makalah ini dapat diidentifikasikan masalahnya sebagai berikut :

1. Apakah pancasila sebagai pandangan hidup (ideologi) bangsa Indonesia masih berlaku dimasa sekarang?

2. Apakah pengaruh pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?

3. Apakah ada perbedaan implementasi nilai-nilai pancasila dimasa dahulu dengan masa kini?

4. Apakah sebenarnya cita-cita bangsa Indonesia dengan pembentukan pancasila?

I.3 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian dari latar belakang dan identifikasi masalah, maka maka dapat dirumuskan masalahnya menjadi “Adakah hubungan Pancasila sebagai Ideologi Nasional dengan kemajuan perkembangan masyarakat”.

I.4 Maksud dan Tujuan

Makalah yang berjudul “Pancasila Sebagai Ideologi Nasional” dibuat dengan maksud memenuhi tugas kuliah Mata Kuliah Perbandingan Ideologi. Tujuan pembuatan makalah ini adalah menjelaskan/mengulas kembali Pancasila Sebagai Ideologi Nasional kepada mahasiswa pada khususnya dan kepada warga Negara pada umumnya agar dapat menerapkan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi nasional didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

I.5 Metode

Makalah yang berjudul “Pancasila Sebagai Ideologi Nasional” ini dibuat dengan menggunkan metode studi pustaka yang diambil dari buku-buku tentang pancasila, dan dari situs internet.

BAB II

PEMBAHASAN

II.1 Hakikat Pancasila dan Ideologi

II.1.1 Hakikat Pancasila

Pancasila, yang berarti lima dasar atau lima asas adalah nama daripada Dasar Negara kita, nagara Republik Indonesia.

Istilah pancasila telah dikenal sejak Zaman Majapahit pada abad XIV, yaitu Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan buku Sutasoma karangan Mpu Tantular. Dalam buku Sutasoma ini astilah pancasila disamping mempunyai arti “berbatu sendi yang lima” (dari bahasa sansekerta), juga mempunyai artiPelaksanaan kesusilaan yang lima” (pancasila Krama), yaitu :

1. PANATIPATI VERAMANIS KAPADAM SAMADIYANI

(Tidak boleh melakukan kekerasan)

2. ADIN NADANA VERAMANIS KAPADAM SAMADIYANI

(Tidak boleh mencuri)

3. KAMECU MICHARACA VERAMANIS KAPADAM SAMADIYANI

(Tidak boleh berjiwa dengki/berzinah)

4. MUSAVADA VERAMANIS KAPADAM SAMADIYANI

(Tidak boleh berbohong)

5. SURA MERAYA MAJJA PAMADATNA VERAMANIS KAPADAM SAMADIYANI (Tidak boleh mabuk minuman keras)

Pda tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kenmerdekaan, Ir. Soekarno mengusulkan Dasar Negara Indonesia Merdeka DIBERI NAMA Pancasila. (Menurut beliau nama Pancasila ini didapat atas petunjuk dari kawan beliau seorang ahli bahasa). Dengan demikian dapatlah dimengerti, bahwa Dasar Negara kita Pancasila bukanlah lahir pada tanggal 1 Juni 1945; dan kiranya lebih tepat dikatakan, bahwa tanggal 1 Juni 1945 adalah “hari lahir” istilah Pancasila sebagai NAMA Dasar Negara kita.

Dasar Negara Republik Indonesia, yang sekarang kita kenal dengan Pancasila, diterima dan disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang merupakan penjelmaan atau wakil-wakil dari seluruh bangsa Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945, yaitu bersamaan dengan disahkannya UUD 1945, dan Batang Tubuh UUD1945. Nama Pancasila itu sendiri sebenarnya tidaklah terdapat baik didalam Pembukaan UUD 1945 maupun didalam Batang Tubuh UUD 1945. Namun telah cukup jelas bahwa Pancasila yang kita maksud adalah lima Dasar Negara kita sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat. Pancasila merupakan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dan sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

II.1.2 Hakikat Ideologi

Istilah ideologi berasal dari kata ideal (ide) gagasan kemudian menjsdi ideologi dalam bahasa indonesi berarti pemahaman. Istilah ideology juga bisa berarti pandangan hidup manusia atau pedoman hidup manusia.

Ideology adalah seperangkat gagasan yang bersifat koheren, sistematis menyangkut kehidupan masyarakat dibidang politik.

II.2 Pancasila Sebagai Ideologi Nasional

Pancasila dalam pengertian ini sering juga disebut : way of life, Weltanschauung, Wereldbeschouwing, Wereld en levesbeschouwing, pandangan dunia, pandangan hidup, pegangan hidup, pedoman hidup, petunjuk hidup. Dalam hal ini, Pancasila dipergunakan sebagai petunjuk hidup sehari-hari (Pancasila diamalkan dalam hidup sehari-hari). Dengan kata lain pancasila digunakan sebagai penunjuk arah semua kegiatan aktivitas, hidup dan kehidupan didalam segala bidang.

Pancasila yang harus dihayati ialah Pancasila sebagaiman tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Dengan demikian, jiwa keagamaan (sebagai manifestasi/perwujudan sila Ketuhanan Yang Maha Esa), jiwa yang berperikemanusiaan (sebagai manifestasi/perwujudan sila kemanusiaan yang adil dan beradab), jiwa kebangsaan (sebagai manifestasi/perwujudan sila Persatuan Indonesia), jiwa kerakyatan (sebagai manifestasi/perwujudan sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan), dan jiwa yang menjunjung tunggi keadilan sosial ( sebagai manifestasi/perwujudan sila Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia)selalu terpancar dalam segala tingkah laku dan tindak-perbuatan setiap sikap hidup seluruh bangsa Indonesia.

Sesungguhnya sebagai norma fundamental, maka Pancasila berfungsi sebagai cita-cita atau ide. Dan sebagai cita-cita, semestinya diusahakan untuk dicapai oleh tiap-tiap manusia Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategori

Laman

Komentar Terbaru

Mr WordPress di Hello world!

Kategori

Klik tertinggi

  • Tak ada

Tulisan Teratas

%d blogger menyukai ini: